Rabu, 22 Oktober 2014

Sang Penandai

Judul Novel     : Kisah Sang Penandai   
Penulis             : Tere Liye
Penerbit           : Mahaka, Republika
Cetakan           : Pertama, Jakarta, Juli 2011
Jumlah hlm      : iv+295 hlm
Beli di             : Mba Hanik, Mei 2014
Harga              : Obral, maklum beli bekas :)

 
 
 
 
 
 
Prolog:
Duhai, apakah kau akan memilih mati ketika cinta sejatimu tidak terwujudkan? Ataukah hanya bisa memeluk lutut, menangis tersedu, bersembunyi di balik pintu seperti anak kecil tidak kebagian sebutir permen?
Adalah Jim, pemuda yatim piatu dipilih oleh Sang Penandai (penjaga dongeng-dongeng), untuk mengukir kisah melupakan sang pujaan hati, Nayla. Adalah Jim, pemuda yang jangankan memegang pedang, membaca pun dia tidak bisa, terpilih untuk menggurat cerita tentang berdamai dengan masa lalu. Dia harus menyelesaikan pahit-getir perjalanannya - apapun harganya!!! Karena kita sungguh membutuhkan dongeng ini.

Novel ini ber cerita tentang kisah cinta Jim sang tokoh utama yang bertemu dengan Sang Penandai-si Pembuat Dongeng. Kisah cintanya yang mengenaskan dengan Nayla, pertemuannya dengan Sang Penandai dan Laksamana Ramirez membawa Jim dalam sebuah petualangan panjang hingga ke Tanah Harapan. Laksamanan Ramirez telah menemukan Bunagamas dan Jim kembali bertemu dengan kekasih hatinya. Jim dan Laksamana Ramirez telah mengukir dongengnya masing-masing, sesuai dengan apa yang dituturkan oleh Sang Penandai.

Novel ini cukup menghibur, apalagi petualangannya sangat seru di lautan. Hany saja saya tidak suka dengan karakter Jim yang "termehek-mehek" dan ending yang terlalu cepat saat sudah bertemu dengan Tanah Harapan tanpa adanya keterangan siapakah itu Barikade Perawan yang tiba-tiba muncul di dalam ngarai di Tanah Harapan.