Jumat, 07 September 2018

Bercita-cita Menjadi Seorang Minimalis

Baca2 tentang merapikan rumah, decluttering, dl bikin saya pingin jadi orang minimalis atau dalam kata lain orang yang sederhana. Mungkin kalau pakai bahasa spiritualnya bersyukur atau qonaah, merasa cukup dengan segala permberian Allah.


Saat ini yang sedang berputar-putar di kepalaku adalah sesuatu yang berkaitan dengan merapikan rumah.  Dari yang tadinya ga punya apa-apa, kemaren waktu mau ada tukang untuk mengerjakan renovasi dapur dan harus mengeluarkan barang-nbarang keluar ternyata luar biasa. Saya, suami, ibu, dibantu 2 art aja perlu waktu seharian untuk mengeluarkan barang-barang yang ada di area dapur. Memang selama ini di area dapur ada juga ruang makan, ruang cuci, kamar art yang juga kami fungsiukan sebagai gudang. Malihat kenyataan ini, sungguh pusing pala Barbie…dan tetiba pingin banget merapikan rumah dengan decluttering ala peter walsh dan memakai magic tidying upnya marie kondo dan sekaligus juga pingin jadi seorang minimalis.
Being a minimalist doesn’t means rumahnya minimalis, lapang dan selalu rapi jali dengan perabotan serba putih. Buatku menjadi minimalis itu artinya kurang lebih adalah sebagai berikut
Start from the heart
Menjadi orang yang minimalis artinya adalah orang yang hatinya selalu merasa cukup dengan segala anugerahNya, tidak perlu lagi iri lagi dengan apa yang dimiliki oleh orang lain, tak ada kegelisahan karena belum memiliki sesuatu, dan tak akan berlaku lagi istilah rumput tetangga lebih hijau, karena kita ga makan rumput, hahahahah…..
Trus hatinya diisi apa? Diisi dengan keimanan pada Allah, dan segala sesuatu yang mendekatkannya padaNya
Declutter your mind
Cukup lah memori otak ini diisi dengan hal-hal penting, ga perlu lagi mikirin apa yang tak paptut kita pikirkan. Kita penuhi pikiran ini dengan hal-hal yang positif, tentang bagaimana kita semakin berubah menjadi lebih baik, dari hari ke hari
Save your time
Jadi waktunya itu hanya digunakan untuk ibadah, yang artinya Cuma dipakai buat mengerjakan hal-hal yang mendatangkan ridhoNya, menjauhi perbuatan sia-sia apalagi maksiat yang jelas-jelas terlarang.
Save your space
Iya banget yang ini mah. Bener banget ternyata aku itu suka banget numpuk-numpuk barang. Saking banyaknya pas nyari barang itu malah ga ketemu karena udah lupa nyimpennya sebelah mana. Kalau udah decluttering insya Allah rumah bakal jadi lebih rapid an lebih lapang.
Kayanya segini dulu ya. Ini masih dalam tataran konsep karena dapurnya masih diobrak-abrik sama para tukang. Nanti deh aku lanjutin cuap-cuapnya, aku kasih picnya sekalian kalau udah ada perkembangan, insya Allah.